Kamis, 07 November 2019

Keluar Negeri Pertama Kali dengan Murah #SingaporeTrip

Ketika akhirnya bisa keluar negeri untuk pertama kalinya apa yang akan lo rasakan? gue se-excited itu dari jauh-jauh hari sambil berdoa semoga tidak ada halangan apapun, akhirnya nih paspor ada capnya juga haha, padahal buat paspor buat ikut beasiswa kuliah S2 diluar tapi belum rejeki. Rencana ini dibuat dari awal tahun dari mulai menabung, searching tiket murah, hotel sampai H-7 searching tempat-tempat favorit negara tersebut dan hal-hal apa saja yang tidak boleh dilakukan disana.

Di blog kali ini gue akan menceritakan pengalaman pertama gue keluar negeri yaitu Singapore dan tips n triknya ketika disana.

Trip kali ini gue sama sahabat tersayang gue, hanya berdua kita pergi kesana, asal kalian tau sahabat gue ini seorang ibu rumah tangga dengan 1 anak, gue selalu amaze sama laki-laki yang mengizinkan istrinya untuk me time, keluar negeri pula, thumb for husband. Perjalanan kita hanya 3 hari berangkat hari kamis sore dan sabtu sore pulang. Hari pertama tiba di Singapore pukul 9 malam waktu Singapore, karna sudah malam jadi kita hanya keliling bandara Changi dan Jewel melihat air terjunnya saja, mungkin Bandara Changi salah satu bandara tersibuk didunia kali ya, sudah malam tapi masih ramai. Perjalanan ini tidak menggunakan tour guide hanya bermodalkan maps dan kalau buntu baru bertanya, Singapore negara yang ramah akan tourist serta fasilitas transportasinya juga yang sangat mudah, selama disana kita full menggunakan MRT, dihari terakhir saja menggunakan grab ke bandara, karna ngejar pesawat dan bawaan yang sudah berat.

Berikut itinerary dan biaya selama disana:
Hari Pertama: Jam 21:00 waktu Singapore berkeliling Jewel dan Changi sampai menuju MRT Stasiun Changi menuju Hotel Lai Ming Cosmoland di Aljuneid

Hari Kedua: Sarapan di hotel, keluar hotel jam 8:00 menuju MRT dengan jalan kaki, kebetulan memang mencari hotel yang dekat dengan MRT, Tujuan pertama kita itu Bugis - Haji Lane - Masjid Sultan. Di Bugis ini kita full explore foto-foto, tempatnya yg sejuk, bersih dan nyaman.

setelah dari Bugis kita lanjut ke 313Somerset - Orchard, disini sih kanan-kiri memang mall semua, tempatnya shopping para tourist, kita disini hanya menikmati perjalananan orchard yang memang ramai sekali, tidak lupa mencoba minuman per-boba-an nya Singapore hehe. Gambar dibawah ini boba yang ada di mall Takashimaya, enak dan harganya $GD 4,5 atau sekitar Rp 45.000.
Dan di Orchard kita juga mencari kaset games nintendo switch si Suami sahabat, perjalanan yang seru karna nyari tempat penyebrangan yang tidak ketemu-temu haha. Jadi di Singapore ini kita tidak boleh menyebrang sembarangan, makanya PR banget untuk cari penyebrangan yang dibawah tanah yang nyambung juga dengan stasiun MRT.

Setelah dari Orchard kita lanjut ke Garden By The Bay deket Marina Sands, siang hari kesini terik panasnya masih bisa diterima karna memang isinya dengan pepohonanan, bisa dibilang tempat ini hutan kotanya Singapore. Masuknya gratis tetapi jika ingin naik ke Skytreenya bayar $GD 8 atau sekitar Rp 80.000. Karna mumpung disana kita mencoba ke Skytree juga. Melihat Kota Singapore dari atas ketinggian Skytree indah, bagus dan gemeteran juga hehe.

Selanjutnya kita lanjut ke Little India, pas banget mau ada perayaan Dilwali, jadi bayangkan Little India ramainya seperti apa, karna kita tidak kuat melihat yang ramai banget akhirnya kita memutuskan untuk masuk lagi ke Stasiun MRT menuju Chinatown, misi di Chinatown ialah mencari tempat belanja oleh-oleh yang murah namanya Valu$ (dibacanya: Value Dollar). Oleh-oleh makanan murah milik Singapore, dan juga barang-barang seperti headset, kabel charger juga murah loh. Sayang hanya nerima pembayaran tunai dan NTS (ATM asli Singapore). Dikedua tempat ini lupa untuk memotret karna sudah kelelahan hehe, oh ya disini kita juga mencoba Subway, sempat sedih disini karna orang yang pertama kali mau mencoba Subway dan melihat-lihat menu ya ada dan ternyata pelayanannya tidak sabaran, jadi ada perlakuannya yang tidak mengenakkan, untung punya sahabat yang menghibur jadinya menikmati Subwaynya saja deh, Subwaynya seharga $GD 9 atau sekitar Rp 90.000. Setelah itu menuju pulang kita membeli makan yang namanya WOK HEY dan ini sumpah enak bangeeeeettttt, nasi goreng, udon atau ramen berbagai pilihan. Setelah selesai semua kita lanjut menuju hotel dan tiba di hotel sekitar jam 20:00, lalu bersih-bersih dan siap menyantap makanan Wok Hey.

Tips and Trick Trip Singapore:
1. Beli tiket pesawat yang bisa dibilang murah, bisa pilih Jetstar/Scoot
2. Untuk keperluan ATM disana wajib banget pakai Jenius (Bank BTPN), selama disana Kita menggunakan Jenius dan bisa dikonversikan ke SGD, kemaren menghemat lumayan untuk MRT dibandingkan kita beli STP (Singapore Tourist Past)
3. Bawa Tunai tidak usah banyak-banyak karna bisa menarik di ATM Visa menggunakan Jenius, kemaren Saya hanya membawa masing-masing $GD 50. Dan narik disana $GD 70.
4. Jika ingin trip jangan lupa menabung dan sehemat mungkin, di Singapore saya hanya menghabiskan sekitar Rp 2.300.000 sudah termasuk oleh-oleh. Hemat kan? hehe

Sekian cerita Singapore Trip kali ini, semoga bisa bercerita dan merasakan trip-trip berikutnya. Amin. Semoga tercapai negara selanjutnya ialah pengen banget ke Jepang. Mohon doanya yaa guys, hehe