Rabu, 20 November 2019

Kota Banyuwangi Surganya Penikmat Pantai

OYO Hotels Indonesia

Banyak orang mengidolakan pulau Bali atau pulau lombok, buatku Banyuwangi juga salah satu kota yang wajib dikunjungi untuk kalian penikmat pantai. Buatku pantai adalah pelepas penat, ketika sedih dan galau. Datang kepantai seperti ada nafas baru dalam raga ini, mendapatkan kenyaman dan ketentraman hanya dari suara ombak yang bergerak, suara kicauan buruk, deburan pasir, itu semua yang membuat aku untuk mau terus kembali ke pantai ketika liburan tiba.

Apa sih yang akan kalian lakukan ketika mendapat kesempatan ke banyuwangi? Berikut itinerary yang aku buat ketika suatu hari aku mendapat kesempatan kesana, biasanya aku liburan paling lama itu 3 hari 2 malam, maklum anak kantoran ini, tidak boleh pergi lama-lama kalau masih ingin kerja hahaha. Biasanyapun budget yang aku siapkan memang maksimal hanya untuk 4 hari, dan aku terbiasa travelling sendiri, buatku kesendirian membuat aku semakin sayang dengan diri sendiri, mumpung single maksudnya hoho (jomblo red).

Hal pertama yang  perlu kita siapkan adalah tiket pesawat, booking hotel dan tempat-tempat apa saja yang ingin kita kunjungi. Sebagai traveller aku rasa memburu promo itu perlu, dan membeli tiket pesawat dari jauh-jauh sebelum keberangkatan. Dan apalagi ketika kita mendapat voucher 70% dari OYO Hotel itu akan menghemat budget, hotel yang aku pilih ialah OYO 496 Eston House yang dekat dengan Cemara Beach, fasilitas dari hotel ini juga banyak sekali seperti free wifi, seating area serta hotel yang bertemakan pepohonan menggantung. Dan tentu saja aku milih hotel yang dekat dengan pantai, agar mudah dan cepat sampai disana. Untuk mengetahui hotelnya bisa cek di https://www.oyorooms.com/id/51083-oyo-rooms-oyo-496-eston-house-banyuwangi/?selected_rcid=30 karna sendiri biasanya aku menyewa motor untuk sehari mengelilingi suatu daerah atau angkutan umum/online. Hal itu akan menghemat budget dibanding harus menyewa mobil kerental.
Source : Web Hotel OYO di Banyuwangi
Ketika itu semua sudah siap, perjalanan kita mulai mungkin namanya perjalanan pengharapan, ia maksudnya ini harapanku jika ada kesempatan ke banyuwangi suatu hari. aku memilih penerbangan hari Kamis sore dan sampai malam di banyuwangi, langsung menuju hotel dan mampir sebentar untuk makan malam, karna aku sangat penyuka mie, aku akan mencoba makanan khas Banyuwangi yaitu Mie Kuah Warung Kepiting yang ada di Jl Kepiting No 29B. Warung ini menyajikan banyak menu seafood dengan menu favoritnya mie kuah ini, tempatnya yang kata banyak orang terkenal ramai dan enak sepertinya wajib kucoba. 
Warung Kepiting [image source]
Hari ke 2 aku ingin explor pantai yang terkenal dengan ombak terkerennya untuk para peselancar dunia, pantai ini memiliki ombak terbaik di dunia setelah Hawaii. Nama pantainya adalah G-Land. Pantai ini terletak di Kawasan Taman Nasional Alas Purwo Banyuwangi, pantai ini menjadi favorit peselancar dunia, sering diadakan event berselancar dan bahkan G-Land dijadikan kampung peselancar karna ombaknya yang tinggi hingga membentuk tabung air. Jika ingin mencoba berselancar disarankan pada awal bulan april - september karna memang air laut sedang pasang-pasangnya. waah indaah yaa ternyata di Indonesia pun juga ada. Dan disini sepertinya aku ingin berlama-lama, walaupun aku tidak bisa berselancar tapi hanya menikmati keindahan pantainya membuat diri ini nyaman dan refresh pikiran selama bekerja.
Instagram.com/khonggo via @yukbanyuwangi
Hari selanjutnya yaitu hari ke 3, aku sudah sangat siap mempersiapkan keperluan untuk diving dan snorkeling. Aktivitas yang sering aku lakukan ketika dipantai ialah seperti bermain banana boat, atau jetski, tetapi kali ini aku ingin diving dan snorkeling di Pulau Tabuhan, pulau yang seluas 5 hektare ini sangat indah dan terdapat banyak jenis ikan serta terumbu karang yang bisa kita lihat dari atas permukaan laut. Pulau ini merupakan pulau kecil ditengah laut selat Bali, aksesnya ialah dengan menggunakan jasa kapal dari Pantai Basring. Aktivitas di pulau ini selain diving atau snorkeling juga banyak spot-spot foto yang bagus yang bisa digunakan untuk feed instagram. Dan ternyata Pemerintah Daerah Kabupaten Banyuwangi selalu mengadakan event kite surfing yang merupakan salah satu fasilitas di Pulan Tabuhan ini, event ini diikuti oleh kite surfer domestik maupun mancanegara. Waaah aku membanyangkan sangat seru.

Pulau Tabuhan via instagram.com/farezh_picture
Setelah puas sudah bermain diberbagai pantai indah nan keren Kota Banyuwangi, hari ini hari terakhir dan aku akan kembali ke Jakarta serta menghadapi rutinitas lagi sebagai seorang karyawan. Tidak lupa sebelum pulang aku mencoba kuliner khas banyuwangi, selain mie kuah banyak makanan khas ini yang bernama sego seperti sego cawuk, sego Tempong Mbok Wah, Rujak Soto Mbok Mbret serta Pecel Pitik. Berbagai macam makanan ini sepertinya sangat menggugah selera. 

Inilah itinerary dan berbagai aktivitas yang aku lakukan jika mendapat kesempatan untuk travelling ke Kota Banyuwangi. Jangan lupa untuk berlibur kawan!!



Tidak ada komentar:

Posting Komentar